Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah memahami peluang dan kelemahan bisnis tersebut. Untuk itu, analisis bisnis perlu dilakukan agar bisnis dapat sukses dan terus berkelanjutan.
Analisis bisnis sendiri merupakan sebuah ilmu yang digunakan untuk mengevaluasi peluang ekonomi dan juga resiko pada suatu perusahaan. Analisis bisnis berkaitan dengan memahami kebutuhan bisnis, masalah bisnis, serta solusi yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.
Lantas, seperti apa analisis bisnis dan bagaimana cara melakukannya?
Apa Itu Analisis Bisnis?
Analisis bisnis merupakan sebuah kegiatan dalam melakukan perencanaan, riset, memprediksi serta mengevaluasi suatu bisnis. Analisis bisnis bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah dalam suatu bisnis, kemudian memberikan solusi yang dibutuhkan.
Hal tersebut tentunya dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir segala resiko yang mungkin terjadi dalam keberlangsungan suatu bisnis. Dengan begitu, kerugian yang mungkin didapat bisa dihindari, sehingga keuntungan perusahaan dapat meningkat.
Analisis bisnis meliputi factor internal maupun eksternal. Faktor internal biasanya berkaitan dengan faktor produksi, penentuan harga, bahan baku, dan jobdesk karyawan. Sementara faktor eksternal biasanya berkaitan dengan pemasaran, distribusi, geopolitik, dan lain sebagainya.
Cara Melakukan Analisis Bisnis
Kunci dasar untuk melakukan analisis bisnis adalah dengan memperhatikan peluang dan resiko yang mungkin terjadi. Untuk melakukan analisis bisnis, maka Anda perlu memperhatikan dan melakukan beberapa cara berikut.
- Tentukan Peluang Bisnis
Cara pertama yang harus Anda lakukan dalam menganalisis bisnis adalah dengan menentukan peluang bisnis. Untuk menentukan peluang bisnis, Anda bisa menggunakan analisis SWOT.
Analisis SWOT merupakan analisis keseluruhan suatu bisnis, mulai dari kekuatan, kelemahan, kesempatan, hingga hambatan. Dalam menentukan peluang yang dapat Anda manfaatkan dalam bisnis, Anda perlu memperhatikan dan memanfaatkan keempat hal tersebut.
- Waspadai Segala Bentuk Ancaman
Setelah menentukan peluang bisnis, Anda juga perlu mewaspadai segala bentuk ancaman yang mungkin akan berpengaruh pada bisnis Anda. Untuk melakukannya, Anda bisa mempelajari resiko yang akan terjadi, sehingga anda dapat melakukan tindakan pencegahan agar usaha Anda tetap dapat bertahan.
Segala bentuk ancaman tersebut juga bisa Anda atasi dengan cara menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat Anda aplikasikan dalam usaha Anda.
- Tentukan Target Pasar
Salah satu hal yang paling penting dilakukan dalam analisis bisnis adalah dengan menentukan target pasar. Dengan target pasar yang tepat sasaran, Anda bisa menghemat anggaran promosi sekaligus meningkatkan keuntungan bisnis Anda.
- Persiapkan Anggaran Dana
Jangan lupa juga untuk mempersiapkan anggaran dana yang Anda butuhkan, mulai dari proses produksi hingga distribusi ke pelanggan. Beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam menyiapkan anggaran dana pada proses produksi adalah untuk biaya bahan baku, tenaga karyawan, biaya pemasaran, biaya energi yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.
Setelah mengetahui berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk proses produksi, langkah selanjutnya adalah Anda perlu menghitung laba yang ditargetkan. Selain itu, Anda juga perlu menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan selama proses pendistribusian ke pelanggan.
- Rencanakan Dan Lakukan Promosi
Merencanakan dan melakukan promosi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Sebelum melakukan promosi, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan target pasar agar promosi yang Anda lakukan tidak sia-sia.
Promosi yang dilakukan secara tepat sasaran dapat menaikan angka penjualan dan meningkatkan keuntungan Anda. Oleh karena itu, promosi harus direncanakan secara mendetail dan matang.
- Terbuka Dengan Kritik Dan Saran
Meski terkadang dianggap sepele, namun kritik dan saran dari pelanggan sebetulnya sangat berarti untuk keberlangsungan bisnis Anda. Kritik dan saran merupakan salah satu feedback untuk membawa bisnis Anda kearah yang lebih baik. Selain itu, terbuka dengan kritik dan saran dari pelanggan juga akan berdampak positif bagi reputasi bisnis Anda.
- Lakukan Evaluasi
Langkah terakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi dapat Anda lakukan mulai dari hal terkecil, baik dari proses produksi, distribusi, pemasaran, hingga penjualan. Kritik dan saran dari pelanggan juga dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk menjaga keberlangsungan bisnis Anda.
Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan dalam membuat analisis bisnis. Senoga dengan melakukan analisis bisnis berdasarkan tips-tips tersebut, bisnis Anda dapat semakin berkembang dan berkelanjutan.